Selasa, 18 Maret 2014

PAPER MEMULAI SEBUAH USAHA BARU KEWIRAUSAHAAN

                                                                     
                                                                           BABI
                                                                 PENDAHULUAN


Pada bab ini, kiata akan mulai melakukan action untuk memulai sebuah usaha baru. Semua proses yang akan dijabarkan dalam bab ini mengacu pada business plan Anda, termasuk di dalamnya, sales and marketing, operasional dan keuangan yang anda persiapkan untuk memulai usaha. Membuat kalkulasi perencanaan pengeluaran menjadi sangat penting agar financial planning anda tidak terlalu melenceng.
Pada bagian ini,
ada 11 bahasa yang sangat praktikal, yaitu:

    1.      Memilih nama dan membuat logo,
    2.      Memilih tempat usaha
    3.      Membeli perlengkapan
    4.      Pemenuhan terhadap mesin dan alat alat produksi
    5.      Merekrut pegawai
    6.      Melakukan training persiapan dan uji coba
    7.      Memproduksi alat alat promosi
    8.      Pilihan legalitas usaha, formal atau non formal
    9.      Peresmian
  10.     Proses tambahan
  11.     Belajar dari common mistakes



BAB II
PEMBAHASAN


Memilih nama dan membuat logo

Terdapat hal hal yang sangat prinsipil dalam membuat nama dan logo karena peran strategisnya di kemudian hari. Nama dan Logo anda akan diingat selamanya serta memiliki karakter yang akan menunjang keberhasilan bisnis anda. Memiliki nama bukan hal sederhana . Tapi juga tidak sulit sulit amat. Siapa tidak kenal nama Apple, sebuah nama yang sangat sederhana bukan ?, Apple adalah sebuah nama buah yang mungkin sangat popular di Amerika serikat dan di seluruh dunia. Jika anda bercita cita membuat computer untuk dipasarkan di pasr domestic mungkin nama kates computer bisa jadi pilihan. Bukankah kates (atau papaya) adalah nama yang sangat popular di sini dan belum pernah di pakai?

Catatan : Nama merek tentu saja akan menimbulkan “ arti” setelah anda melakukan pencitraan,

Banyak pengusaha memiliki menggunakan nama mereka sekaligus dengan logo wajah mereka
Untuk memustahilkan pemalsuan dan klaim dari orang lain, seperti salon Johnny Andrean,RM Nyonya Suharti, Kedai Bakso Malang Kota Cak Eko, Atau Butik kebayan khusus wedding Ema Soekamto (www.emasoekamto.com).

Beberapa Tips Berikut mungkin bisa membantu Anda:

·         Pilihlah nama yang mudah diingat, sesuai dengan industry Anda.
·         Perhatikan apakah nama yang anda ciptakan sudah ada yang memiliki (terutama di lingkungan sekitar) atau sangat umum karena akan berdampak pada branding Anda.
·         Buatlah logo yang sesuai dengan cita rasa anda sebagai owner, buatlah agar ia mengandung sebuah  cita cita bisa bercerita.
·         Citrakanlah ke dalam masyarakat melalui story telling, iklan, dan sebagainya.
·         Nah, Bagaimana caranya menerjemahkan nama menjadi logo? Akan sangat ideal jika anda memiliki kemampuan program design Photoshop atau CorelDraw.Jika tidak anda bisa mencari teman mahasiswa lain yang menguasainya untuk menciptakan Logo dan turunannnya untuk anda. Sebaiknya, jangan memaksakan diri jika anda tidak memiliki kemampuan dan cita rasa seni. Mengeluarkan beberapa ratus ribu rupiah rasanya amat pantas. Anda juga bisa melakukan browsing di Google untuk mencari inspirasi logo perusahaan sejenis di dunia dan membuat penyesuaian penyesuaian yang perlu


Milih tempat usaha

Di sini, biasanya seorang wirausaha pemula suka bermain dengan ego dan terlalu banyak bermimpi karena acuan kita adalah McDonald’s, KFC, atau kafe di daerah kemang, ketika hendak membuat sebuah kafe, tidak berarti kita harus mencari lokasi sangat strategis dan sangat mahal seperti itu . Untuk membuat sebuah kafe. Apalagi kalau anda membuka usaha laundry, masuk seikit dari jalan utama ( asal anda bisa meletakkan papan nama anad di jalan utama) mungkin bisa memberikan Anda penghematan biaya setengahnya atau malah lebih. Bagaimana dengan usaha design dan percetakan? Ada banyak perusahaan yang design- nya dikerjakan dari rumah dan percetakannya bisa dilakukan di percetakan mana saja. Usaha butik juga sama, banyak sekali butik yang bagus dan selalu dicari pelanggan meskipun tempatnya tidak ada tertera pada peta. Apalagi produsen kue kering dan cake yang selalu kebanjiran order pada hari raya.

Berikutnya adalah rambu rambu yang mungkin berguna bagi para pemula untuk melakukan penghematan:

·         Jika usaha anda tidak pernah didatangi pelanggan maka lakukan operasional dari rumah ( misalnya tempat kos) saja. Untuk alamat. Anda bisa menyewa alamat usaha, baik yang resmi misalnya digital office maupun di tempat teman anda.

·         Jika anda harus berada di lokasi tertentu cari kemungkinan anda bisa menyewa dengan harga miring seperti lantai 2 pada sebuah ruko.

·         Jika usaha anda harus dilantai 1, cari kemungkinan anda bisa menyewa profit sharing dengan pemilik tempat.( Ingat,tekan semua fixed cost, sebarkan risiko dan bandingkanlah setiap pengeluaran dengan profit anda)


Membeli perlengkapan

Saat kita memulai usaha, biasanya terdapat romantisme yang kuat seperti sedang menantikan kelahiran “bayi” pertama. Umumnya, kita akan membeli perlengkapan perlengkapan bayi yang mahal mahal dan mewah mewah, semuanya serbah baru. Dan tentu saja semuanya memperlukan uang. Janganlah anda terjebak dengan hal ini karena akna memengaruhi cadangan cash anda. Membuka usaha bukan berarti harus jor joran memperlihatkan fasilitas karena ujung ujungnya adalah resiko bagi kelangsungan usaha anda. Mampukah anda menghasilkan produk yang bermanfaat, mampukah anda mengelola cash flow, dan mampukah anda menghasilkan profit?

Semakin banyak cadangan kas di tangan semakin aman usaha anda dari berbagai ketidakpastian. Cobalah perhatian beberapa usaha warung makan atau furniture. Mereka rata rata menempati usaha bekas pakai dari warung lain yang mereka beli dengan harga miring demikian pula rak display took yang mereka ambil dari sentra barang bekas.

Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda :

·         Jika memungkinkan, beli semua perlengkapan yang second- hand. Ada banyak tempat yang menjual meja- kursi dan peralatan kantor yang bekas pakai, atau rak display bekas. Anda cukup klik di Internet atau beli Koran pos kota, atau segera cari tempat sentra barang bekas tersebut.

·         Lakukan renovasi kecil seperti memperbaiki bagaian bagian yang rusak dan lakukan pengecatan agar kembali tampak baru.

·         Jika anda tidak ahli pertukangan, cari tukang yang mau dibayar harian, anda beli sendiri bahan bahanya ( upah tukang per orang sekitar Rp.50 – 70 ribu per hari).

·         Untuk barang – barang elektronik yang harus baru, janganlah membeli premium brand. Anda cukup membeli kualitas korea atau produk dalam negeri. Pastikan barang itu bergaransi minimal setahun sehingga anda aman menggunakannya selama setahun.


·         Untuk barang  barang pecah belah, jika kebutuhan anda adalah desain dan warna tertentu,
Lakukanlah hunting pada pasar pasar yang menjual produk produk itu dengan harga miring. Jika hanya perlu asal piring atau gelas anda bisa pedagang grosir untuk membeli piring piring ex- display promosi mereka.


Pemenuhan terhadap mesin dan alat alat Produksi

Bagian ini biasanya merupakan bagian yang sangat sulit. Apalagi jika usaa anda mensyarakat mesin mesin tertentu untuk produksi, seperti mesin cetak kartu undangan atau mesin jahit untuk usaha fashion anda. Namun demikian, kami perlu mengingatkan anda periksalah sebaik baiknya usaha dan keahlian anda berkisar pada produksinya atau proses kreatifnya?

Misalnya anda ingin buka usaha took T-Shirt dengan tulisan tulisan jahil khas mahasiswa, mungkin anda ingin menyaingi dagadu dari yogya atau jogger dari bali. Saya pikir untuk tahap awal anda tidak perlu punya mesin jahit konveksi atau mesin sablon. Anda bisa melakukan outsourcing ke pabrik T-shirt yang akan melakukannya dengan efisien untuk anda.

Ada pengusaha muda yang muda bisnisnya adalah memproduksi kaos pesanan dari nama nama hebat yang anda jumpai di mal mal papan atas anda cukup melakukan supply bahan baku, mengawasi proses penjahitan, dan pencetakan design anda serta penyortiran terhadap kualitas yang boleh lolos pada pengusaha itu inilah nikmatnya berbisnis abad ke 21 anda bisa melakukan outsourcing. Ingatlah nike saja tidak memiliki satu pabrik pun diseluruh dunia.

Mari kita bisa focus pada keahlian utama, dengan melakukan hal hal sebagai berikut :

·         Prinsip Utama dalam berbisnis adalah jika bisa sewa, sebaiknya tidak usah beli.
·         Jika bisa di kerjakan secara outsourcing ( misalnya fotokopi),tidak usah sewa, apalagi beli.
·         Jika anda harus menyewa,pastikan semua spare parts dan service sudah termasuk dalam harga sewa ( karena bagaian inilah yang paling mahal)
·         Cari kemungkinan anda bisa melakukan cicilan lunak dengan down payment ( uang muka) yang rendah jika anda harus membeli.pelajari kontraknya jika anda melakukan wanprestasi, Apakah cukup diselesaikan dengan penyitaan atau harus ada tambahan yang lain.?

Kelak ketika bisnis anda berkembang pesat, anda memiliki ruang finansial untuk “bermain” saat itu anda dipersilakan mempertimbangkan untuk membeli sendiri mesin mesin itu. Itu pun dengan membandingkan tingkat efisiensi jikalau anda cukup outsourcing-kan pekerjaannya.

Merekrut Pegawai

Ini merupankan bagian agak krusial atau vital karena anda harus memiliki orang orang yang akan menggerakkan usaha anda. Anda boleh membeli mesin mahal, tetapi ingatlah operatornya tetap seorang manusia biasa. Seorang pegawai, ada 3 kategori pegawai untuk bisnis yang baru mulai dalam usaha kecil sebagai berikut

a. Pegawai Frontlines atau bagian produksi
    sehebat apa pun anda dalam memproduksi sesuatu, hamper dapat dipastikan anda pasti memerlukan bantuan orang lain untuk mempercepat pekerjaan anda. Demikian juga staf frontlines yang melyani pembeli atau pelanggan anda secara langsung. Anda tidak bisa setiap saat selalu melayani pembeli. Minimal anda perlu maka siang, atau mengawasi bagian produksi,atau libur sehari dalam seminggu.

b. Pegawai sales
    Umumnya , pengusaha pemula sangat ahli dalam memproduksi sesuatu,tetapi melupakan bahwa produk yang dihasilakn harus dijual jika usaha anda memerlukan orang atau time sales yang khusus, misalnya usaha T-shirt dan hadiah hadiah kecil sebagai corporate gimmicks, maka anda mutlak memerlukan sales team jika anda ingin focus pada urusan design. Meyisihkan sekian persen profit margin rasanya sangat layak dilakukan agar order terus berdatangan untuk kelangsungan usaha anda.

c. Manajemen
    bagian ini saja memerlukan pertimbangan pertimbangan yang tidak mudah.anda pasti memiliki ide ide brilian. Anda juga punya kemampuan untuk memproduksi ide ide anda lantas, mengapa anda harus merekut tim manajemen? Perlu dipahami bahwa membuka usaha tidak sesederhana memproduksi barang, tapi melingkupi bagian bagian besar seperti finance dan akuntasi.pemasaran,sampai urusan SDM.sanggupkah anda memjalankan peran itu sendirian secara efektif? Jika tidak anda perlu memriksa pada bagian mana terdapat kelemahan utama anda yang dapat anda alihkan kepada orang lain? Karena level mereka adalah manajemen,tentunya anda berharap merekrut seorang yang cukup senior untuk level usaha anda.

melakukan Training Persiapan dan Uji Coba

Sebagai Instruktur kewirausahaan, kami sering menerima undangan pembukaan rumah makan, dan biasanya acara utamanya adalah makan gratis. Kami mengamati, setiap berada pada tahap awal para pegawai masih ragu ragu bergerak, belum cekatan, dan mondar mandir tidak keruan makanan pun selalu terlambat dating. Alhasil beberapa komentar tidak sedap bermunculan secara bisik bisik. Apalagi ada pelayanan yang tanpa sengaja menumpahkan minuman ke pakaian salah seorang tamu.
Rumah makan seperti itu bisa dipastikan tidak memberikan training dan melakukan simulasi kepada karyawan sebelum melakukan launching.

Namun, kami juga beberapa kali menemukan rumah makan ketika diresmikan semuanya berjalan
Lancer seolah olah sudah buka cukup lama. Decak kagum para tamu pun bermunculan . Tahukah anda semuanya itu selalu harus diawali dengan persiapan yang matang dan mutlak harus dilakukan simulasi, apa pun jenis bisnis yang akan kita pilih.


Memproduksi Alat alat Promosi

Meski Usaha usaha baru sangat memperlukan promosi, sebagai besar pengusaha lebih banyak membuat sekedarnya saja, asal ada dan cukup memberikan informasi. Pengalaman kami mengatakan.selalu menyangka masalahnya ada pada biaya. Masalahnya adalah menemukan orang yang bisa membantu anda menerjemahkan produk anda dengan tepat.

Perhatikan hal hal berikut :

Jika logo sudah final , maka langkah selanjutnya adalah membuat turunannya seperti:
·         Kop surat dan amplop (jika perlu)
·         Stempel
·         Brosur (jika perlu)
·         Display dan neon sign jika usaha anda adalah retail atau rumah makan
·         Kemasan dan alat penunjang seperti tas plastic.

Pilihan legalitas Usaha formal atau Non Formal

Untuk sebuah tahap awal prinsip yang harus anda lakukan adalah tekan fixed cost sebanyak mungkin apalagi sekadar untuk pembentukan formalitas seperti ini. Anda cukup mampu mengelola cash flow dengan nyaman.terlebih jika usaha anda tidak sering berhubungan dengan perusahaan secara formal . Bahkan jika anda selalu ikut tender di perusahaan – perusahan besar sekali pun.


Peresmian

Banyak pemula yang menyalahartikan peresmian usaha dengan pembukaan yang glamor dan mewah sehingga melupakan sisi penting doa bersama dan sisi marketing yang dihasilkan sementara itu banyak juga orang yang melupakan peresmian karena beranggapan peresmian usaha adalah boros dan hanya buang buang uang. Akhirnya. Financial planning andalah yang menentukan seberapa besar budget anda untuk peresmian.berikutnya adalah memanfaatkan momen peresmian semaksimal mungkin.
Di bawah ini adalah tips yang penting untuk anda :

·         Peresmian tempat usaha menjadi sebuah hal penting karena anda mengundang teman dan kerabat yang akan membantu anda memasarkan usaha anda .
·         Peresmian dengan tumpengan sederhana dan doa bersama sudah cukup.
·         Undang juga tetangga sekitar tempat anda buka usaha. Agar usaha anda dikenal diduking dan didoakan oleh orang orang disekitar anda.
·         Sebarkan voucher dan kupon diskon agar mereka bisa menggunakannya sendiri atau memberikannya pada orang lain untuk mencoba usaha anda.
·         Jika anda memilih memproduksi brosur, titipkan brosur dalam jumlah tertentu kepada tamu undangan dan minta bantuan mereka untuk menyebarkannya kepada para kenalan. Hala ini efektif karena mereka pasti memuji usaha anda.

Proses Tambahan : Website dan seragam

 Akhirnya perlu di perhatikan 2 poin terakhir ini karena keduannya memiliki sifat strategis dalam usaha anda . mari kita lihat satu per satu.

Website:
·         Membuat website untuk beberapa bidang Industri adalah mutlak, seperti pada industry stoples cantik , jaket kulit atau ringan, bahkan rumah makan.


·         Lakukanlah secara gratis , cari website yang memberikan anda kemudahan ini seperti : blogspot, Wordpress,weebly,multiply atau bahkan facebook.


·         Jika anda merasa perlu alamat web personal, beli domain name saja (sekitar Rp 500-600 ribu Untuk 5 tahun) dan forward semuanya klik ke web hosting gratis anda Contoh adalah ketjap.net atau emasoekamto.com

Website menjadi salah satu tolak ukur kalau anda berani mencetak kartu nama. Alamat website yang tidak gratis menjadi syarat minimal. Alamat e-mail yang sesuai dengan nama domain anda.
Kalau menggunakan web hosting di luar negri, biayanya berkisar Rp.150.000 per bulan, tergantung pergerakan kurs rupiah kita.

Belajar dari Common Mistakes

Akhirnya, pelajaran terbaik adalah pelajaran yang dating dari pengalaman. Harganya jelas lebih mahal dari pelajran di bangku kuliah mana pun. Jika anda belum pernah mengalaminya secara langsung biasanya anda akan cenderung menganggap remeh. Meskipun demikian cobalah memberi perhatian ekstra pada poin poin dibawah ini yang telah menelan banyak korban teman teman seperjuangan anda :

·         Membuat usaha bisnis secara legal di tahap awal atau terburu buru pada bulan bulan pertama, mengikat hubungan hokum tanpa mengalami kerja sama sebelumnya.
·         Tidak melakukan riset mendalam terhadap persaingan dan kekuatan internal (SWOT analysis)
·         Menghabiskan terlalu banyak dana untuk membeli peralatan dan renovasi termasuk sewa tempat, salah memilih lokasi.

·         Membayar upah tenaga kerja lebih mahal dari pesaing
·         Menggunakan tenaga kerja yang levelnya lebih tinggi dari pesaing.

Cara terbaik mempelajari common mistakes adalah berinteraksi langsung dengan pelaku usaha yang pernah mengalaminya. Pelajari . pelajari kiat kiat mereka untuk bangkit dari kesalahan dan untuk memperbaiki kesalahan itu.




BAB III
PE
NUTUP


KESIMPULAN

Dalam memulai sebuah usaha, langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengenali peluang usaha . dengan adanya peluang ini barulah kita akan mentyetarakan dengan potensi yang kita miliki agar kita bisa  menentukan usaha apa yang bakal kita jalani.

Setelah menentuka usaha yang kita jalani, kita harus fokus pada bidang yang telah kita tentukan tersebut dan tidak plin plan agar usaha berjalan sukses. Dan hal selanjutnya adalah berani memulai usaha tersebut, bukan hanya difikirkan saja  tapi harus direalisasikan.

Dalam memulai usaha ini kita bisa melakukan berbagai cara, diantaranya mendirikan sendiri, membeli perusahaan lain atau kerjasama dengan orang lain dalam melakukan perintisan usaha. Dengan begitu kita akan berkembang menuju karir sebagai pengusaha yang berhasil.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

 
SELAMAT DATANG DI AXSIONnew SALING BERBAGI INFORMASI DAN REFERENSI DUNIA ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI DAN PEMBELAJARAN YANG LAINNYA TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA TERUS KUNJUNGI SITUS KAMI UNTUK DAPATAKAN ARTIKEL YANG TERUPDATE JUGA BERMANFAAT UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN ANDA JANGAN LUPA BERIKAN KOMENTAR TERBAIK ANDA KEPADA KAMI AGAR KAMI BISA TERUS BERIKAN LAYANAN YANG TERBAIK UNTUK ANDA TERIMAKASIH SALAM AXSIONnew SALING BERBAGI