Rabu, 05 Maret 2014

Analisa dan Konsep rancangan sistem saklar (On/Of) Otomatis pada ruangan kuliah

Saklar Otomatis menggunakan Sensor  Infrared ,Sensor Cahaya dan sensor timer pada ruangan perkulihan untuk mematikan dan menyalakan kipas angin dan lampu pada ruang kuliah. Secara otomatis.

Analisa system rancangan saklar otomatis .
pada ruangan kuliah kita biasa melihat benda elektronik dan sering menggunakan untuk kebutuhan kita pada saat kita berada dalam ruangan kuliah tersebut. seperti kipas angin dan lampu.  dua benda elektonik tersebut tidak terlepas dari kita pada saat kita sedang melakukan kegiatan perkuliahan .
dan sekarang ini banyak sekali system yang dibuat otomatis untuk mengatur kebutuhan listrik yang dipakai. Memakai kipas angin dan lampu pada ruangan apa bila tidak diiringi dengan pemakaian teratur itu sangat membuang buang uang dan pemborosan daya listrik yang dipakai.

Bagaimana caranya untuk bisa hemat energy pada ruangan kuliah yang sering kita pakai.?
yaitu dengan cara mengotomatisakan saklar pada ruangan kuliah Menggunakan sensor Infrared, sensor cahaya  dan sensor timer, dengan sensor tersebut kita bisa menghemat energy sesuai kebutuhan kita.


ketentuan  Saklar Otomatis Untuk mengatur kipas angin dan lampu diruangan.
Apa bila ruangan digunakan otomatis lampu dan kipas angin akan menyala jika ruangan tidak digunakan otomatis kipas angin dan lampu akan mati / padam. Berikut rancangan system saklar (ON/OF) secara otomatis :
Cara kerja  Alat ini akan bekerja berdasarkan input yang diterima dari sensor cahaya dan sensor
infrared
untuk mengeluarkan output yang sesuai. Pada mulanya, sensor infrared akan mendeteksi apakah terdapat orang didalam ruangan, lalu mengirimkan sinyal yang sesuai kepada alat. Jika terdapat orang didalam ruangan, sensor cahaya akan aktif dan mendeteksi intensitas cahaya dari ruangan tersebut dan mengirimkan sinyal yang sesuai. Alat akan memproses sinyal-sinyal tersebut lalu menghidupkan lampu dan kipas angin jika ada orang di dalamnya.

Berikut input dan outputnya :

 Input 
 yang masuk ke dalam saklar otomatis ini adalah sinyal dari sensor
infrared,
sensor  cahaya dan sensor timer.
Sensor
Infrared (selanjutnya disebut S) akan bernilai 1 bila  terdapat  manusia di dalam  ruangan, dan akan bernilai 0 bila tidak ada manusia dalam suatu ruangan. Sinyal dari sensor cahaya (selanjutnya disebut T) akan bernilai 1 bila cahaya redup dan bernilai 0 bila cahaya terang. Standar redup atau terangnya cahaya dapat diatur sendiri oleh user.
Sensor timer (selanjutnya disebut U) akan bernilai 1 bila timer berjalan dan bernilai 0 bila berhenti.

Output
yang dihasilkan ada 2 macam, yaitu lampu dan timer. Lampu akan hidup bila alat menerima sinyal S = 1 lalu sinyal T = 1. Selain itu,lampu akan mati. Sedangkan timer akan hidup bila menerima sinyal S = 0 saat alat berada dalam state D.

State Diagram 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

 
SELAMAT DATANG DI AXSIONnew SALING BERBAGI INFORMASI DAN REFERENSI DUNIA ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI DAN PEMBELAJARAN YANG LAINNYA TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA TERUS KUNJUNGI SITUS KAMI UNTUK DAPATAKAN ARTIKEL YANG TERUPDATE JUGA BERMANFAAT UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN ANDA JANGAN LUPA BERIKAN KOMENTAR TERBAIK ANDA KEPADA KAMI AGAR KAMI BISA TERUS BERIKAN LAYANAN YANG TERBAIK UNTUK ANDA TERIMAKASIH SALAM AXSIONnew SALING BERBAGI