Tiap tahuan jumlah penumpang adam air naik dan
puncaknya pada 2007,yaitu sebesar 6,25 juta orang.Namun,bobroknya manajemen
berdampak pada di groundednya maskapai tersebut.
Apa saja pelajaran berharga dari kejatuhan
adam air tersebut?
Hampir dua bulan ini sejumlah burung besi yang
didominasi warna oranye dan berlogo manusia bersayap yang tengah siap terbang
itu tidak menyambungi langit biru yang menjadi rute penerbangannya. Ya,sejak 19
maret 2008,pesawat Adam air memang tidak mengangkasa lagi akibat dibelakukan
izin terbangnya ( Operation specification) oleh pemerintah Indonesia. Selain itu,
karena banyaknya persoalan yang kini masih dalam peneyilidikan hokum,
Adam air tinggal mengantongi tiket Airline
Operating certificate (Izin Operasional Terbang)
Yang tercantum akan dicabut jika dalam waktu
tiga bulan mendatang belum ada perbaikan atas masalah yang terjadi.
Konsumen,requlator,pelaku industry penerbangan,dan karyawan PT Adam Sky connection Airline (Adam Air) menuding persoalan kompleks menjadi biang keladi kejatuhan perusahaan itu. Padahal,kalau kita tengok kebelakang,perkembangan bisnis Adam air cukup mengesankan. Lihatlah di Awal operasi pada tanggal 19 Desember 2003, Adam air hanya menerbangkan dua pesawat boeing 737 sewaan dari GE capital Aviation services,dan air hanya menerbangkan dua pesawat. Itu belum termasuk gambaran jumlah penjualan tiket yang laris manis.
Konsumen,requlator,pelaku industry penerbangan,dan karyawan PT Adam Sky connection Airline (Adam Air) menuding persoalan kompleks menjadi biang keladi kejatuhan perusahaan itu. Padahal,kalau kita tengok kebelakang,perkembangan bisnis Adam air cukup mengesankan. Lihatlah di Awal operasi pada tanggal 19 Desember 2003, Adam air hanya menerbangkan dua pesawat boeing 737 sewaan dari GE capital Aviation services,dan air hanya menerbangkan dua pesawat. Itu belum termasuk gambaran jumlah penjualan tiket yang laris manis.
Berdasarkan data Direktorat Angkatan Udara,
Tahun 2004,penumpang domestic Adam Air yang menggunakan lima armada sebanyak
484.754 orang. Tahun 2005, dengan didukung 15 Armada,
Jumlah penumpang naik lagi, yaitu domestic 2.324,996 orang dan internasional 106.423 orang. Pada tahun 2006,jumlah penumpang dalam negeri tercatat 4.873.753 orang dan kargo domestik 16.622 ton. Lalu, Tahun terakhir.jumlah penumpang domestik 6252.373 orang dan internasional 120.618 orang, dengan armada 22 pesawat.
Jumlah penumpang naik lagi, yaitu domestic 2.324,996 orang dan internasional 106.423 orang. Pada tahun 2006,jumlah penumpang dalam negeri tercatat 4.873.753 orang dan kargo domestik 16.622 ton. Lalu, Tahun terakhir.jumlah penumpang domestik 6252.373 orang dan internasional 120.618 orang, dengan armada 22 pesawat.
Yang jelas, Untuk menjadi maskapai teladan dalam industri penerbangan di Indonesia menurut Hentje, Ada beberapa aspek yang harus dipenuhi, Dari sudut pandang konsumen,Harus memiliki standar keamanan,keselamatan,dan pelayanan yang tinggi. serta tarif yang terjangkau oleh masyarakat.dari sisi karyawan,wajib memilii standar kesejahteraan dan pelayanan,harus menegakkan peraturan yang berlaku.
Reportase:Afiff maulanan Dewanda, Darandono,Herning Banirestu,M.Husni Mubarak,S.Ruslina,Tutut Hnadayani,dan Wini Angraen/Riset: Sarah Ratna Herni
(Sumber: Majalah SWA,15 Mei 2008)
Reportase:Afiff maulanan Dewanda, Darandono,Herning Banirestu,M.Husni Mubarak,S.Ruslina,Tutut Hnadayani,dan Wini Angraen/Riset: Sarah Ratna Herni
(Sumber: Majalah SWA,15 Mei 2008)








