•
Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari
tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem
komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan
mudah.
• Pengertian
Interaksi
= komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan
sistem komputer.
Interaksi
menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon
(aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka
interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
• Definisi
interaksi manusia dan komputer
= sebuah hubungan antara manusia dan komputer
yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu
dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopangkan sebuah antarmuka (interface).
• Prinsip kerja
komputer = input proses output
Kepada komputer
diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah
didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
manusia.
Tanpa disadari
kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda
(layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan
huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada
mouse.
Yang kemudian
hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti
diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar
monitor atau bahkan mesin pencetak (printer)
• Manusia pada
umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam
kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer
sebagai keluaran.
• Manusia jarang
sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari
proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi
pemecahannya. Biasanya manusia
menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.
• Interaksi bisa
dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model atau
jenis interaksi, antara lain :
1.
Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh : unix,
linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir
semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa
alami)
contoh : bahasa
pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query
dialogue
contoh : mysql,
dbase interaktif, dll
5. Form-fills and
spreadsheets
contoh : excel,
lotus, dll
6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown
Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes,
dll







